Era teknologi seperti saat ini membuat segala aktifitas baik pendidikan hingga perdagangan semakin mudah. Toko online adalah salah satu contohnya. Sebuah toko yang biasanya ada di pinggir jalan, atau ada di dalam mall kini bisa kita jumpai di berbagai halaman website atau fanspage media sosial.
Kemudahan membuat dan mengontrolnya membuat banyak orang yang sebelumnya buta teknologi semakin ingin mencoba berbisnis online. Tapi tahukah kita para Newbie ini tidak jarang melakukan kesalahan yang menyebabkan bisnis online mereka tidak mampu meraup keuntungan sesuai target. Apa saja itu? Ini dia:
Kemudahan membuat dan mengontrolnya membuat banyak orang yang sebelumnya buta teknologi semakin ingin mencoba berbisnis online. Tapi tahukah kita para Newbie ini tidak jarang melakukan kesalahan yang menyebabkan bisnis online mereka tidak mampu meraup keuntungan sesuai target. Apa saja itu? Ini dia:
1. Tidak tahu target pasar yang dituju Bisnis apapun yang akan dijalankan harus memiliki rencana dan tujuan yang jelas, salah satunya yaitu memiliki target yang jelas. Terutama bisnis online, mereka harus memiliki target bisnis yang jelas. Anda harus tau siapa target Anda, usia berapakah mereka, tinggal dimana, status mereka hingga sampai kisaran penghasilan mereka. Anda harus bisa menentukan dan menargetkan pasar yang jelas untuk bisnis online Anda, agar proses promosi dapat berjalan dengan mudah.
2. Tidak memaksimalkan media sosial Bisnis online memang memiliki perlakuan yang berbeda dengan bisnis pada umumnya. Rana atau wilayan pemasaran mereka lebih jauh dari pada bisnis biasanya. Salah satu media yang bisa digunakan untuk mempromosikan bisnis online adalah media sosial. Tidak jarang pemilik bisnis online akan menggunakan media sosial bagi promosi mereka, karena cakupan target pasar jauh lebih luas. Tapi ada pula yang masih tidak mengerti bagaimana memanfaatkan media sosial dengan baik.
Padahal jenis dan macam media sosial saat ini sudah sangat banyak, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, Path dan masih banyak lagi. Bisnis online harus bisa memaksimalkan penggunaan media sosial ini untuk bisa mencapai target yang mereka tuju.
3. Tidak tahu keunikan Anda Terkadang ketika ingin menciptakan dan memiliki keuntungan berlipat dalam satu kali usaha pemilik bisnis online akan menjual berbagai macam barang dalam satu toko. Tidak salah memang tapi cara ini tidak akan membuat kita dengan mudah mendapatkan pelanggan dan meraup keuntungan dari penjualan. Bisnis online yang baik akan tahu apa keunikan dan perbedaan yang mereka miliki dibanding dengan bisnis biasanya. Anda bisa saja menjual berbagai macam barang dalam satu toko, tapi apakah pelanggan Anda menyukai itu? Lebih banyak pelanggan suka datang ke sebuah toko yang khusus menjual satu produk saja. Ini akan terlihat lebih profesional dan intens terhadap kebutuhan pelanggan. Lalu apakah Anda juga seperti ini? Temukan dan segera bangun keunikan yang bisnis online Anda miliki.
4. Tidak memiliki persediaan yang memadai Tidak sedikit dari pebisnis online yang masih baru mencoba dunia ini akan melupakan satu hal yang paling penting, yaitu melakukan dan menyiapkan persediaan secara tepat. Segala perhitungan baik dari permintaan, kemampuan hingga kebutuhan harus Anda perhatikan. Anda harus mampu memanfaatkan waktu dan sumber daya dengan lebih bijaksana. Jika memang Anda tidak mampu untuk menyiapkan barang dalam jumlah yang besar, Anda bisa menyarankan atau bekerjasama dnegan distributor yang khusus bagi bisnis Anda.
5. Tidak fokus Ketika Anda baru menluncurkan sebuah toko online, Anda pasti dihadapkan dengan banyak pilihan untuk memilih produk apa saja yang akan Anda jual. Anda harus mempersiapkan foto produk dan segala persediaan produk tersebut. Yang harus dilakukan pemilik bisnis online adalah memaksimalkan upaya promosi produk tersebut. Anda bukan tidak boleh untuk memperbarui produk di toko online Anda, tapi fokuslah pada satu jenis yang benar – benar ingin Anda kembangkan dan maksimalkan.
6. Bingung
Seringkali bloger newbie bingung dalam hal memposting, mengatur templet blog sampai bingung mau di share kemana postingan blognya ( sama seperti no.2 ), tapi sukurnya sudah banyak blog lain yang memposting turtiol bagaimana cara memposting, mengatur dan menshare ya caranya tinggal cari saja apa kesuiltan kalian di google;
Semoga bermanfaat :)
Disunting : oleh AzmijakaSumber : http://mediabisnisonline.com
Bisnis online memang memiliki perlakuan yang berbeda dengan bisnis pada umumnya. Rana atau wilayan pemasaran mereka lebih jauh dari pada bisnis biasanya. Salah satu media yang bisa digunakan untuk mempromosikan bisnis online adalah media sosial. Tidak jarang pemilik bisnis online akan menggunakan media sosial bagi promosi mereka, karena cakupan target pasar jauh lebih luas. Tapi ada pula yang masih tidak mengerti bagaimana memanfaatkan media sosial dengan baik.
Padahal jenis dan macam media sosial saat ini sudah sangat banyak, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, Path dan masih banyak lagi. Bisnis online harus bisa memaksimalkan penggunaan media sosial ini untuk bisa mencapai target yang mereka tuju.
Ketika Anda baru menluncurkan sebuah toko online, Anda pasti dihadapkan dengan banyak pilihan untuk memilih produk apa saja yang akan Anda jual. Anda harus mempersiapkan foto produk dan segala persediaan produk tersebut. Yang harus dilakukan pemilik bisnis online adalah memaksimalkan upaya promosi produk tersebut. Anda bukan tidak boleh untuk memperbarui produk di toko online Anda, tapi fokuslah pada satu jenis yang benar – benar ingin Anda kembangkan dan maksimalkan.
Seringkali bloger newbie bingung dalam hal memposting, mengatur templet blog sampai bingung mau di share kemana postingan blognya ( sama seperti no.2 ), tapi sukurnya sudah banyak blog lain yang memposting turtiol bagaimana cara memposting, mengatur dan menshare ya caranya tinggal cari saja apa kesuiltan kalian di google;
Semoga bermanfaat :)
Disunting : oleh Azmijaka
Sumber : http://mediabisnisonline.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar